Rabu, 20 Juni 2012

Ngaji Yuk

hikmah belajar Ilmu Shorof
 
Fi'il itu pada hakikatnya ada dua yaitu Fi'il madhi dan fi'il mudhori'
adapun yang lain adalah turunan dari fi'il mudhori'

fi'il madhi itu mabni hukumnya (tidak bisa berubah) sedangkan fi'il mudhori' itu mu'rob (berubah)
adakah rahasia di balik itu semua dalam mema'nai kehidupan kita???
sebagaimana kita ketahui bahwa dalam fi'il madhi mengandung zaman (waktu) madhi yang menunjukkan masa lampau sedangkan dalam fi'il mudhori' terkandung zaman yang menunjukkan hal (masa sekarang) dan istiqbal (masa yang akan datang).

lalu apa hubungan dengan hukum mabni dan mu'rob???

kita bisa mengambil i'tibar bahwa dalam hidup ini terikat dengan waktu. yaitu waktu lampau dan waktu akan datang. yang mempertemukan dua waktu itu adalah masa sekarang. waktu yang lampau sudah barang tentu tidak akan berubah apapun yang kita lakukan untuk mengupayakan hal itu dan dia ibaratnya fi'il madhi yang dihukumi mabni. lain halnya dengan masa sekarang dan masa akan datang, kita memiliki kesempatan untuk mengubahnya dengan suatu upaya. kita bisa memutuskan untuk membuat waktu kita bermanfaat atau tidak untuk sekarang dan merencanakan memanfaatkan waktu sebaik mungkin di masa mendatang, hal ini ibaratnya fi'il mudlori', jika kita memasukinya dengan amil nawasib atau amil jawazim maka ia akan berubah sesuai dengan amilnya.

hikmahnya adalah jangan pernah menyia-nyiakan waktu sahabat/i, mari sendiri ataupun bersama-sama untuk menjadikan waktu kita bermanfaat. bukankah sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi (ke) manusi (an). dan selalu ingat betapa berharganya waktu sehingga dalam adagium barat dikatakan bahwa waktu adalah uang atau i'tibar arob bahwa waktu itu ibarat pedang yang jika tidak kita gunakan dengan baik maka akan melukai kita sendiri.

Demi Masa
Sesungguhnya Manusia dalam kerugian. Kecuali Orang-orang yang beramal shaleh dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. (QS : Al-Ashr 1-3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar